TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024
SMP NEGERI 22 LANTARI JAYA
Penerimaan PPDB Online
A. INFORMASI UMUM
SMP Negeri 22 Lantari Jaya adalah salah satu Lembaga Pendidikan Negeri yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Propinsi Sulawesi Tenggara. Membuka Pendaftaran bagi calon siswa baru sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Daerah dan mekanisme pendaftaran sesuai dengan sistem Permendikbud yang terbaru yaitu Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK.
B. PERSYARATAN UMUM PESERTA
Persyaratan umum bagi calon siswa baru jenjang SMP/MTs/Sederajat sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 yaitu :
Calon Peserta Didik baru kelas 7 (tujuh) SMP berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
Telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD atau bentuk lain yang sederajat dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus.
Calon peserta didik baru hanya dapat memilih 1 jalur pendaftaran PPDB yang tersedia yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi.
C. PELAKSANAAN PENDAFTARAN PPDB
Pelaksanaan Pendaftaran PPDB Tahun 2023 di SMPN 22 Lantari Jaya akan di adakan yaitu :
Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 12 Juni s.d 8 Juli 2022
Kegiatan pengambilan Nomor Registrasi Pendaftaran PPDB mulai tanggal 9 s.d 17 Juni 2023, pada pukul 08.00 - 12.00 WITA bertempat di SMPN 22 Lantari Jaya.
D. PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN
Pengisian Formulir Pendaftaran dan Pengukuran (tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala) dilaksanakan di Sekretariat PPDB SMP Negeri 22 Lantari Jaya dari tanggal 19 s.d 23 Juni 2023 dengan tahap berikut :
Pengisian Formulir Nomor Pendaftaran 001 s.d 035 dilaksanakan hari Senin, 19 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Pengisian Formulir Nomor Pendaftaran 036 s.d 070 dilaksanakan hari Selasa, 20 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Pengisian Formulir Nomor Pendaftaran 071 s.d 105 dilaksanakan hari Kamis, 22 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Pengisian Formulir Nomor Pendaftaran 106 s.d 150 dilaksanakan hari Jumat, 23 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Dalam pengisian Formulir Pendaftaran Online diharapkan calon peserta didik membawa dokumen diantaranya :
Surat Keterangan Lulus (SKL) dari SD/MI masing-masing
Kartu Keluarga (KK)
Akte Kelahiran Peserta
Kartu KIP/ PKH (Jika ada)
E. TES PEMETAAN CALON PESERTA DIDIK
Dalam rangka memahami kondisi dan kemampuan setiap peserta didik baru, kami melakukan sebuah tes pemetaan yang dilaksanakan dari tanggal 24 s.d 30 Juni 2023 dengan tahap berikut :
Tes Pemetaan Nomor Pendaftaran 001 s.d 035 dilaksanakan hari Sabtu, 24 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Tes Pemetaan Nomor Pendaftaran 036 s.d 070 dilaksanakan hari Senin, 26 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Tes Pemetaan Nomor Pendaftaran 071 s.d 105 dilaksanakan hari Selasa, 27 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Tes Pemetaan Nomor Pendaftaran 106 s.d 130 dilaksanakan hari Jumat, 30 Juni 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Pada kegiatan tes pemetaan diharapkan seluruh peserta agar hadir 15 menit lebih awal dari waktu pelaksanaan yaitu pukul 07.45 wita.
F. PENGUMUMAN PENETAPAN PESERTA DIDIK
Pengumuman Penetapan bagi Peserta Didik Baru yang dinyatakan lulus dan diterima menjadi peserta didik di SMPN 22 Lantari Jaya Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan pada :
Tanggal : 1 s.d 2 Juli 2023
Waktu : 10.00 s.d 12.00 WITA
Tempat : Website (www.smpn22lantarijaya.sch.id); / Facebook (SMPN 22 Lantari Jaya) dan Sekretariat PPDB
dapat pula dengan cara klik pada portal berikut
G. PENDAFTARAN ULANG
Bagi Peserta yang dinyatakan Lulus dan diterima menjadi Siswa Baru SMPN 22 Lantari Jaya, agar segera menyiapkan Dokumen (Berkas) untuk Pendaftaran Ulang. Penyerahan Berkas Pendaftaran Ulang Siswa Baru dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 6 Juli 2023 bertempat di Sekretariat PPDB dengan tahap berikut :
Pendaftaran Ulang Nomor 001 s.d 035 dilaksanakan hari Senin, 3 Juli 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Pendaftaran Ulang Nomor 036 s.d 070 dilaksanakan hari Selasa, 4 Juli 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Pendaftaran Ulang Nomor 071 s.d 111 dilaksanakan hari Rabu, 5 Juli 2023 dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 wita
Bagi Calon siswa Baru yang TIDAK melakukan PENDAFTARAN ULANG sesuai jadwal yang telah ditentukan sebagaimana diatas maka dianggap gugur dan dapat digantikan dengan Calon Siswa Baru yang menjadi Cadangan.
H. PERSYARATAN BERKAS PENDAFTARAN ULANG
Persyaratan Berkas Pendaftaran PPDB sesuai dengan jalur pendaftaran masing - masing yaitu :
Jalur Zonasi
Persyaratan berkas pendaftaran jalur zonasi diantaranya :
Formulir Pendaftaran ONLINE yang telah dicetak sebanyak 1 rangkap
Surat Keterangan Lulus (Ijazah dan SKHU) SD/MI/Sederajat masing - masing sebanyak 1 rangkap
Pas Foto Berwarna Ukuran 2x3 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP & latar merah)
Pas Foto Hitam Putih Ukuran 3x4 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP)
Foto Copy Kartu Keluarga/ Surat Keterangan Domisili sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ayah) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ibu) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Akte Lahir Calon Siswa Baru sebanyak 1 rangkap
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah ditempel materai 10.000 serta dibubuhi tanda tangan sebanyak 1 rangkap (cttn : Surat pernyataan ini disediakan oleh panitia jadi peserta cukup menyediakan materai 10.000 sebanyak 1 buah)
MAP Snelhecter Plastik warna Biru Tua bagi peserta laki-laki dan warna Hijau Tua bagi peserta perempuan masing-masing sebanyak 1 buah
Susun sesuai dengan urutan diatas dan dimasukan dalam MAP Snelhecter plastik warna Biru Tua (laki-laki) dan warna Hijau Tua (perempuan)
Jalur Afirmasi
Persyaratan berkas pendaftaran jalur afirmasi diantaranya :
Formulir Pendaftaran ONLINE yang telah dicetak sebanyak 1 rangkap
Surat Keterangan Lulus (Ijazah dan SKHU) SD/MI/Sederajat masing - masing sebanyak 1 rangkap
Pas Foto Berwarna Ukuran 2x3 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP & latar merah)
Pas Foto Hitam Putih Ukuran 3x4 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP)
Foto Copy Kartu Keluarga/ Surat Keterangan Domisili sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ayah) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ibu) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Akte Lahir Calon Siswa Baru sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Kartu KKS/ KIP/ PKH salah satunya sebanyak 1 rangkap
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah ditempel materai 10.000 serta dibubuhi tanda tangan sebanyak 1 rangkap (cttn: Surat pernyataan ini disediakan oleh panitia jadi peserta cukup menyediakan materai 10.000 sebanyak 1 buah)
MAP Snelhecter Plastik warna Biru Tua bagi peserta laki-laki dan warna Hijau Tua bagi peserta perempuan masing-masing sebanyak 1 buah
Susun sesuai dengan urutan diatas dan dimasukan dalam MAP Snelhecter plastik warna Biru Tua (laki-laki) dan warna Hijau Tua (perempuan)
Jalur Perpindahan Orang Tua/ Wali
Persyaratan berkas pendaftaran jalur perpindahan orang tua/wali diantaranya :
Formulir Pendaftaran ONLINE yang telah dicetak sebanyak 1 rangkap
Surat Keterangan Lulus (Ijazah dan SKHU) SD/MI/Sederajat masing - masing sebanyak 1 rangkap
Pas Foto Berwarna Ukuran 2x3 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP)
Pas Foto Hitam Putih Ukuran 3x4 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP)
Foto Copy Kartu Keluarga/ Surat Keterangan Domisili sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ayah) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ibu) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Akte Lahir Calon Siswa Baru sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Surat Penugasan orang tua/ wali yang berasal dari instansi/ lembaga/ kantor/ perusahaan yang mempekerjakan sebanyak 1 rangkap
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah ditempel materai 10.000 serta dibubuhi tanda tangan sebanyak 1 rangkap (cttn : Surat pernyataan ini disediakan oleh panitia jadi peserta cukup menyediakan materai 10.000 sebanyak 1 buah)
MAP Snelhecter Plastik warna Biru Tua bagi peserta laki-laki dan warna Hijau Tua bagi peserta perempuan masing-masing sebanyak 1 buah
Susun sesuai dengan urutan diatas dan dimasukan dalam MAP Snelhecter plastik warna Biru Tua (laki-laki) dan warna Hijau Tua (perempuan)
Jalur Prestasi
Persyaratan berkas pendaftaran jalur prestasi diantaranya :
Formulir Pendaftaran ONLINE yang telah dicetak sebanyak 1 rangkap
Surat Keterangan Lulus (Ijazah dan SKHU) SD/MI/Sederajat masing - masing sebanyak 1 rangkap
Pas Foto Berwarna 2x3 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP & latar merah)
Pas Foto Hitam Putih Ukuran 3x4 cm sebanyak 2 Lembar (cttn : Foto berseragam SMP)
Foto Copy Kartu Keluarga/ Surat Keterangan Domisili sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ayah) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy KTP Orang Tua (Ibu) sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Akte Lahir Calon Siswa Baru sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Bukti Prestasi (Piagam/ Sertifikat) bidang akademik maupun non-akademik dengan tingkat prestasi minimal tingkat Kabupaten/Kota masing - masing sebanyak 1 rangkap
Foto Copy Nilai Rapor 5 Semester terakhir Jika Prestasi yang diajukan berasal dari Prestasi Peringkat Nilai Rapor (catatan : khusus poin 10 ini dapat diabaikan jika prestasi yang diajukan berasal dari prestasi lainnya yang dibuktikan dengan piagam/sertifikat sebagaimana pada poin 9)
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah ditempel materai 10.000 serta dibubuhi tanda tangan sebanyak 1 rangkap (cttn : Surat pernyataan ini disediakan oleh panitia jadi peserta cukup menyediakan materai 10.000 sebanyak 1 buah)
MAP Snelhecter Plastik warna Biru Tua bagi peserta laki-laki dan warna Hijau Tua bagi peserta perempuan masing-masing sebanyak 1 buah
Susun sesuai dengan urutan diatas dan dimasukan dalam MAP Snelhecter plastik warna Biru Tua (laki-laki) dan warna Hijau Tua (perempuan)
I. KEGIATAN PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (PLS)
Bagi peserta didik baru yang dinyatakan lulus dan diterima menjadi siswa baru SMPN 22 Lantari Jaya serta telah melakukan pendaftaran ulang dapat mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yaitu :
Hari/Tanggal : Selasa, 11 Juli 2023 s.d Kamis, 13 Juli 2022
Waktu : 07.00 WITA - Selesai
Tempat : SMPN 22 Lantari Jaya
J. KONTAK PANITIA
Bagi calon peserta didik baru atau orang tua/wali yang mengalami kesulitan dan/atau menginginkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak panitia PPDB berikut :
Call Center : Mustofa, S.Pd (081240170059) - Via Telepon/SMS/Whatsapp
Ketua Panitia : Andi Rahman, S.Pd : 085266123345 - Via Telepon/SMS/Whatsapp
Sekretaris : Rahma Sumartini, S.Or (082296465271) - Via Telepon/SMS/Whatsapp
PANITIA PPDB 2023 - SMP NEGERI 22 LANTARI JAYA
Beri Tanggapan Anda